S e m a n g a t p a g e e t e m a n – t e m a n ! ! !
Sampai dengan pekan terakhir (Pekan ke 14), kemungkinan kita bertemu di kelas hanya 1 kali lagi, saya ingin menjelaskan tentang Basic Search Engine dan Social Media Marketing.
Namun sebelumnya, di periode tanggal 13 sampai dengan 21 April 2016 kita akan mencoba melakukan pendekatan development product dengan Google Venture’s Design Sprint. Kita akan ketemu namun kemungkinan di hari Minggu 17 April 2016 di Lab UC ruang D203/D210 Lantai 2 Gedung Panambulai (ex Gedung D) Fakultas Informatika Tel-U. Saya akan konfirmasi kembali segera hari Jumat.
Untuk itu saya minta teman-teman melakukan tugas sebagai berikut terkait Google Design Sprint:
1/
REPLY POST
Reply post ini, pada baris 1 reply post ditulis nama kelas dan nama kelompok, kemudian pada baris selanjutnya tuliskan peran masing-masing anggota kelompok dan sprint challenge serta deliverables.
Contoh:
IF-39-01 Kel-01
Sprint Master = Anjar Afrizal 1301154239
Engineer = Fauzi Kurniawan 1301154267
Prototyper = Defa Eka Ardia 1301154281
Designer = Moh Abdul Haris A 1301154365
Researcher = Regita Anjani 1301154477
Sprint challenge =
kami akan membuat ide produk ??? yang menurut kami bisa di launching dalam ???? hari kerja.
Deliverables =
sketsa ide produk ???
Batas waktu: Kamis 14 April 12.00 PM GMT+7.
2/
KIRIM EMAIL
Sprint Master masing-masing kelompok tolong email ke [email protected],
pada judul email tuliskan KUG1H3 2016 Tugas 3
pada body email isikan sbb (tidak perlu pakai attachment, cukup ditulis di email yang rapi dan terstruktur):
nama kelas dan nama kelompok,
pada baris selanjutnya tuliskan peran masing-masing anggota kelompok,
pada baris selanjutnya tuliskan sprint challenge,
pada baris selanjutnya tuliskan deliverables,
lalu pada baris baru tuliskan Sprint Audit:
> tuliskan 5 hal yang disampaikan Google Venture dan kaitkan dengan Sprint Challenge Anda.
lalu pada baris baru tuliskan Design Principles:
> tuliskan 3 hal paling penting dalam ide produk teman-teman dan beri penjelasan singkat.
lalu pada baris baru tuliskan First Tweet tentang ide produk teman-teman:
> tuliskan apa yang teman-teman akan kicaukan pertama kali saat produk teman-teman di launching.
Batas waktu: Jumat 15 April 2016 12.00 PM GMT+7
3/
SIAPKAN IDE
Saat ketemu hari Minggu 17 April 2016 nanti, kita akan coba 8 ide dalam 5 menit dan 1 ide besar dalam 5 menit.
Kita akan mencoba Design Sprint sampai dengan fase Understand – Define.
Terima kasih, selamat bekerja dan mengeksplorasi.
Salam,
Anton
Data nama NIM dan kelompok per 13 April 2016 >>>
Kelas IF-39-01
Kel-01
Anjar Afrizal 1301154239
Fauzi Kurniawan 1301154267
Defa Eka Ardia 1301154281
Moh Abdul Haris A 1301154365
Regita Anjani 1301154477
Kel-02
Egrianto Aristianto 1301150043
Rifeli Noorfiansyah 1301150085
Elza Fitria D 1301154533
Chalida Zia 1301154491
Kel-03
M Rezky Alpin 1301154155
Aditya Alif N 1301154183
Abram 1301154169
Atika Oktavia 1301154449
Nadine Azalia 1301154519
Kel-04
Dwi Ferdio Seagal Putra 1301154323
Amelia Anis M 1301154547
Regita Ratih P 1301150435
Debora N Silaban 1301154575
Kel-05
Arief Frizza Wardhana 1301158661
Hani Mulyani 1301158653
Asep Taupik Hidayat 1301158682
Kel-06
Firhan Wibianto 1301154099
Muhamamd Turmudzi 1301154667
Danny Firas 1301150029
Dhevin Andrean 1301150015
Fahru Adi Ramadhan 1301154141
Kel-07
Ari Rohman P 1301154253
M Evan R 1301154379
Farisi Rohman 1301154225
Daniel Cahyo 1301150071
R Havez Cahyan 1301154197
Kel-08
Baginda Praka 1301154113
Agung Jati P 1301154421
Rofif Irsyad F 1301150001
Rizky Ramadika 1301154393
Adhyta Fahmi 1301154127
Kel-09
Rizky Fatih P 1301154211
Iqbal Fauzi 1301154351
Yudha Tritama G 1301154309
Sugianto 1301154407
Ridhwan Alifudin 1301150057
Kelas IF-39-92
Kel-01
Krisna Ardhi Tama 1301154296
M Nur 1301154198
Farhan Bary M 1301150044
Ari Fahrezi 1301154268
Hamzah Maulana 1301154324
Kel-02
Nor Hadi 1301154254
Dimas Rizki Agusta 1301154128
M Irhas Al Faridz 1301154240
Rizaldi Yusuf 1301154212
Maulana Safrizal 1301154338
Kel-03
Fauziah Fadhillah Rahmawati 1301154534
Mia Rahma Herlianty 1301154520
Nadira Andina Putri 1301154464
Rezha Anugrah Hadi 1301150002
Wella Edli Shabrina 1301154562
Kel-04
Rizka Ainur R 1301154366
Reza Herlambang 1301154422
Giffari Ramdhan Firdaus 1301154114
M Azhar Hamzah 1301154142
A Arief Fernandez 1301150030
Kel-05
Ahmad Sayyidan 1301154184
Luthfiani AR 1301154450
Ria Aryani 1301150436
Tiara CH 1301154506
Regy Arya 1301150016
Kel-06
Ade Kurnia Alam 1301154170
Alvurqoni Ariven Y 1301154394
Edyt Daryfayi 1301154408
M Ridho Rahmadinanto 1301154226
Yogi Wisesa 1301154282
Kel-07
Melinda Dwika Nur 1301154478
Adelus Sulthan 1301154380
Didit Alfiansyah 1301154100
Muhammad Rifki 1301154156
Kel-08
Anggi Yuniar Puteri 1301154492
Astri Chayaningtyas 1301154548
fauzi M Alfath 1301150036
Febry Ghaisani 1301154576
M Hafizh Fajar P 1301150072
18 responses to “Latihan Google Design Sprint”
IF-39-01 Kel-05
Sprint Master = Arief Frizza Wardhana 1301158661
Engineer = Asep & Arief.
Prototyper = Asep Taupik Hidayat 1301158682
Designer = Hani Mulyani 1301158653
Researcher = Salma Assyifa 1301154505
Sprint challenge
Kami akan membuat ide produk Aplikasi Futsal War
Yang menurut kami bisa di launcing kemungkinan dalam 3 minggu.
Deliverables
Ide produk ini diambil dari kondisi yang dialami oleh pecinta olahraga futsal yang dimana para pemain futsal kesulitan untuk mencari lawan bermain futsal. Dengan adanya aplikasi Ini akan mempermudah para pecinta olahraga futsal mencari lawan bermain dan menambah link pertemanan. Sketsa aplikasi ini memiliki fitur login, chatting, forum atau group, lokasi lapangan futsal, searching lawan tanding futsal.
IF-39-02 Kel-01
Sprint Master = Muhammad Nur 1301154198
Engineer = Farhan Bary Maruanaya 1301150044
Prototype = Hamzah Maulana A A 1301154324
Designer = Ari Fahrezi 1301154268
Researcher = Krisna Adhitama 1301154296
Sprint challenge
Kami akan membuat ide produk mengenai sebuah aplikasi yang mewadahi penjualan kos-kosan dan kontrakan yang menurut kami dapat launching dalam 90 hari kerja.
Deliverables
Dalam produk ini user dapat mengetahui secara detail mengenai kos kosan ataupun kontrakan yang diminati. Terdapat penjelasan terperinci dari penjual kos kosan atau kontrakan tersebut yaitu, harga, alamat, spesifikasi tempat, dapat pula disertai gambar dan koordinat yang langsung terhubung dengan API google maps. User juga dapat memberikan review terhadap kos kosan atau kontrakan yang bersangkutan. User juga dapat membooking kos kosan atau kontrakan yang tersedia.
If 39-02 kelompok 4
Sprint Master = Reza Herlambang 1301154422
Engineer = A Arief Fernandez 1301150030
Prototyper = Giffari ramdhan firdaus 1301154114
Designer = Rizka Ainur R 1301154366
Researcher = M Azhar Hamzah 1301154142
Sprint challange
Kami akan membuat sebuah aplikasi wisata dimana aplikasi di launching dalam waktu 1 bulan.
Deliverables
Ide dari pembuaatan aplikasi ini tercipta dari kondisi masyarakat saat ini, dimana mereka mengalami kesulitan saat berlibur ke suatu daerah dan bingung dengan wisata apa saja yang ada di kota yang akan menjadi tujuan mereka. Harapannya dengan adanya aplikasi ini dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan waktu liburan mereka di suatu daerah. Dan aplikasi ini juga dapat menarik perhatian wisata asing untuk datang ke indonesia.
Sketsa aplikasi
Sketsa aplikasi ini memiliki fitur-fitur berupa foto dan video seputar tempat wisata tersebut, kemudian alamat lengkap yang disertai dengan tag digps dan daftar harga tiket masuk hingga menampilkan fasilitas-fasilitas di dalamnya. Dan juga fitur lain berupa perkiraan biaya per orang untuk berlibur ke tempat wisata tersebut. Kemudian terdapat tombol like atau vote untuk setiap kunjungan wisata, like terbanyak akan ditampilkan dimenu awal sebagai tempat kategori recommended.
IF-39-01 Kel 09
Sprint Master : Yudha Tritama G (1301154309)
Prototyper : R Rizky Falih P (1301154211)
Designer : Iqbal Fauzi (1301154351)
Engineer : Sugianto (1301154407)
Researcher : Ridwan Alifudin (1301150057)
Sprint Challenge :
kami akan membuat ide produk aplikasi “Learn Instrument” yang menurut kami bisa di launching dalam 40 hari kerja.
Deliverables :
Dalam produk aplikasi ini, kami akan menyediakan sebuah fitur untuk user agar dapat belajar bermacam-macam alat instrumen musik, seperti gitar, piano, dll. User dapat belajar teknik memainkan alat musik dan juga belajar mengenai chord tiap alat musik itu sendiri.
IF 39-01 kel 08
Sprint master=baginda praka 1301154113
Engineer=rizky ramadika 1301154393
Designer=adhyfa fahmi 1301154217
Prototyper=Agung jati Prawira 1301154421
Researcher=rofif Irsyad f 1301150001
Sprint challenge: kami akan membuat aplikasi game yang bernama “SOS” yang akan launching dalam 50 hari kerja
Deliverables: game yang akan kami buat akan mengambil konsep seperti game SOS pada umumnya yang biasa dimainkan pada kertas dengan menggunakan alat tulis dan kami akan membuat sebuah versi digital dari game tersebut dengan luas tempat yang dapat di kostumisasi
IF-39-01 Kel-07
Sprint Master = Daniel Cahyo 1301150071
Engineer = R. Havez Cahyan 1301154197
Prototype = Farisi Rahman 1301154225
Designer = M. Evan Rusyana 1301154379
Researcher = Ari Rohman P 1301154253
Sprint challenge
Kami akan membuat aplikasi yang dapat menyaring dan memproses informasi dari gambar kamera dan memberi variasi resep akan informasi tersebut yang dapat kami selesaikan dalam waktu 60 hari.
Deliverables
Dengan menggunakan aplikasi ini user dapat mencari variasi resep makanan hanya dengan menggunakan kamera. Aplikasi ini akan memberi informasi mengrnai petunjuk pembuatan, alat dan bahan, serta tingkat kesukaran pada resep makanan yang dipilih oleh user.
IF39-01 kel-2
job desk
sprint master = Rifell Noerfiansyah 1301150085
Engineer = Rismada Gerra Nindya 1301154561
designer= Egriano Arifianto 1301150043
Prototype = Elza Fitria Dwi P 1301154533
researcher = Chalida Zia 1301154491
Sprint Challenge
Kami akan membuat ide produk apliksi Restspot. Yang menurut kami bisa dilaunching kemungkinan dalam 1 bulan.
Deliverables
Ide produk ini diambil dari para pengalaman pemudik terutama pemudik dengan jarak jauh dan menggunakan kendaraan pribadi yang membutuhkan suatu tempat istirahat yang nyaman ditengah perjalanan mereka, apalagi ditengah perjalanan mereka mengalami kemacetan diperjalanannya. Aplikasi ini akan menunjukan lokasi-lokasi penginapan yang dimunculkan dalam peta dalam radius tertentu. Jadi lokasi yg ditunjukan dapat dinamis tergantung lokasi pengguna ada dimana. Lalu dengan aplikasi ini pengguna dapat mengetahui penginapan-penginapan yang masih tersedia dan dapat melakukan pemesanan dengan aplikasi tersebut.
IF-39-01 Kel-03
Researcher = M Rezky Alpin 1301154155
Sprint Master = Aditya Alif N 1301154183
Engineer = Abram 1301154169
Prototyper = Atika Oktavia 1301154449
Designer = Nadine Azalia 1301154519
Sprint Challange =
Kami akan membuat ide produk “El-con: Electricity Controller” yang menurut kami bisa di launching dalam 60 hari kerja.
Deliverables =
El-con adalah sebuah alat yang dapat mengontrol dan menghitung aliran listrik. Alat ini menghubungkan stopkontak dan steker peralatan rumah dan kemudian alat ini bisa dikendalikan melalui smartphone.
IF-39-01 KEL-01
Sprint master : moh abdul haris angio
Engineer : Anjar afrizal
Prototyper : Defa Eka Ardio
Designer : Fauzi kurniawan
Researcher : Regita Anjani
Sprint Challenge :
Mengajak masyarakat agar mau naik angkutan umum dengan tidak merasa bosan selama perjalannya dan akan mendapat rewards jika mencapai jarak tertentu
Deliverable :
Dengan menggunakan aplikasi ini user akan merasakan sensasi berbeda dalam angkutan umum, jika user telah mencapai jarak tertentu maka akan diberikan rewards
IF-39-01 KEL-01
Sprint master : moh abdul haris angio 1301154365
Engineer : Anjar afrizal 1301154239
Prototyper : Defa Eka Ardio 1301154281
Designer : Fauzi kurniawan 1301154267
Researcher : Regita Anjani 1301154477
Sprint Challenge :
Mengajak masyarakat agar mau naik angkutan umum dengan tidak merasa bosan selama perjalannya dan akan mendapat rewards jika mencapai jarak tertentu
Deliverable :
Dengan menggunakan aplikasi ini user akan merasakan sensasi berbeda dalam angkutan umum, jika user telah mencapai jarak tertentu maka akan diberikan rewards
IF-39-02 Kel-03
Sprint Master = Wella Edli Shabrina (1301154562)
Engineer = Rezha Anugrah Hadi (1301150002)
Prototype = Mia Rahma Herlianty (1301154520)
Designer = Nadira Andina Putri (1301154464)
Researcher = Fauziah Fadlillah Rahmawati (1301154534)
Sprint challenge
Kami akan membuat ide produk mengenai sebuah aplikasi pendeteksi golongan darah manusia (ABO detector) melalui smartphone yang menurut kami dapat launching dalam 30 hari kerja.
Deliverables
Dalam produk ini user dapat mengetahui secara detail mengenai golongan darah nya hanya dengan menggunakan smartphone. Disitu terdapat penjelasan cara menggunakan aplikasi ini.
IF-39-01 Kelompok 4
Engineer: Dwi Ferdio Seagal Putra 1301154323
Protoyper:Amelia Anis M 1301154547
Designer:Regita Ratih P 1301150435
Researcher: Debora N Silaban 1301154575
Sprint Master: R.M Ichsan Al Rasyid 1301154295
Sprint Challenge:kami akan membuat ide produk berupa aplikasi yang dapat mendetect wisata disekitar user yang menurut kelompok kami dapat direalisasikan dalam waktu +- 90 hari.
Deliverables: dalam produk aplikasi ini kami akan menri wisata yang berada disekitar pengguna aplikasi tersebut.Dengan aplikasi ini user dapat mengetahui tujuan wisata terdeket.
IF 39-02 Kel-08
Researcher : Anggi Yuniar Puteri 1301154492
Engineer : Astri Cahyaningtyas 1301154548
Prototype : Fauzi M. Alfath 1301150086
Designer : Febry Ghaisani 1301154576
Sprint Master : M. Hafizh Fajar P. 1301150072
*Sprint Challenge
– Nama Website : jangannganggur.com yang menurut kami dapat di launching dalam 1.5 bulan
*Deliverables
Ide produk ini diambil dari kondisi yang dialami Indonesia dimana SDM di Indonesia pada tingkat pengangguran lebih tinggi daripada yang tidak menganggur atau bekerja. Maka dari itu kami membuat sebuah wadah aplikasi berbasis website dimana fitur yang disediakan adalah perusahaan dan pencari kerja dapat melakukan login, delete data, input data, search data, update data, dan reset data yang dimasukan kedalam database didalam sebuah website.
IF 39-01 Kel-06
Sprint Master : Fahru Adi Ramadhan 1301154141
Engineer : Danny Firas 1301150029
Prototype : Dhevin Andrean 1301150015
Designer : Firhan Wibianto 1301154099
Researcher : Muhammad Turmudzi 1301154667
Sprint Challange
Kami akan membuat produk Aplikasi penyewan kendaraan yang menurut kami bisa di launching dalam 60 hari kerja.
Deliverables
Ide produk ini kami ambil dari kebutuhan mahasiswa yg baru masuk kuliah dan blm ada kendaraan. Kami melihat maba ini kesulitan untuk pergi keluar kampus atau untuk jalan jalan, maka dari itu kamu ingin membuat sebuah aplikasi yg dapat mempermudah user untuk mendapatkan kendaraan dengan mudah dan tidak usah repot repot mencari info tentang nomor penyewaan mobil atau motor. Sketsa produk ini terdapat halaman login untuk user yg dimana ia tinggal memasukan gmail mereka dan user tidak usah repot untuk registrasi, lalu di halaman selanjutnya user menginputkan lokasi mereka dan jenis kendaraanya mobil/ motor, setelah itu user menginputkan nomortelfon dan alamat rumah atau asrama, setelah itu apikasi ini akan memunculkan tempat penyewaan motor dan mobil terdekat dari rumah mereka lengkap dengan profile tempat penyewaan itu, untuk antar jemput kendaraan itu tergantung dengan pemilik tempat penyewaan tersebut. Setelah user memilih tempat penyewaan akan memunculkan kendaraan mana saja yg dapat di sewa. Setelah itu user memilih kendaraan, tidak lama kemudian tempat penyewaan mobil akan menghubungi user.
IF-39-02 Kelompok 6
Sprint Master: Ade Kurnia Alam 1301154170
Engineer: Yogi Wisesa 1301154282
Designer: M. Ridho Rahmadinanto 1301154226
Prototype: Edyt Darifayyi P.D 1301154408
Researcher: Alvurqoni Ariven Yutzky 1301154394
Sprint Challenge: kami akan membuat ide produk berupa website tentang lelang yang menurut kelompok kami dapat di reaslisasikan dalam waktu 60 hari.
Deliverables: dalam produk website ini kami akan membuat sistem lelang yang dapat mengitung waktu mundur lelang dan minimal 1 hari dari website kami. dengan website ini di harapkan pelelang atau peserta dapat lebih melakukan lelang lebih efisien.
IF 39-02 Kel-05
Sprint Master = Ahmad Sayyidan (1301154184)
Engineer = Luthfiani Ainun R (1301154450)
Prototype = Ria Ariyani (1301150436)
Designer = Regy Arya (1301150016)
Researcher = Tiara Chairunnisa D (1301154506)
Sprint challange
Kami akan membuat sebuah aplikasi tersebut dilaunching dalam waktu 1 bulan.
Deliverables
Ide dari pembuatan aplikasi ini tercipta dari kondisi masyarakat perantauan tanpa membawa kendaraan pribadi, dimana mereka mengalami kesulitan dalam mencari tempat penyewaan kendaraan diwilayah mereka.
Harapannya dengan adanya aplikasi ini dapat membantu masyarakat yang memanfaatkan waktu liburan untuk berpergian tetapi mereka dengan penyewaan yang ada diwilayah mereka.
Sketsa Aplikasi
Sketsa aplikasi ini memiliki fitur berupa foto kendaraan, alamat penyewaan yang ada diwilayah tertentu dengan disertai GPS alamat yang dituju dan daftar tarif sewa penyewaan per unit.
If 39-02 kelompok 2
Sprint Master = Dimas Rizki Agusta 1301154128
Engineer = Rizaldi Yusuf 1301154212
Prototyper = Maulana Safrizal 1301154338
Designer = Nor Hadi 1301154254
Researcher = M Irhas Al Hafidz 1301154240
Sprint Challenge
Kami akan membuat aplikasi untuk penukaran mata uang asing tanpa perlu ke tempat tukar uang atau bank
dan masuk kedalam rekening
Deliverables
Ide ini dibuat karna banyak orang yang mulai menjalani bisnis tukar uang namun memiliki kendala harus menukar uang di tempat yang telah ditentukan.
Sprint Challenge
Kami akan membuat aplikasi untuk penukaran mata uang asing tanpa perlu ke tempat tukar uang atau bank
dan masuk kedalam rekening yang akan launchig dalam 90 hari kerja